Kamis, 10 Juni 2010

BAB II
PEMBAHASAN


2.1 AL-AHWAL DALAM SUFISME
Bagian ini akan menerangkan tentang al-ahwal yaitu pemberian rasa khawf, tawaddu`, taqwa, ikhlas, shukr dan mutma'innah di dalam diri seorang suf. Anugerah spiritual bermakna hanya tidak boleh diperolehi melainkan dianugerahkan Allah hasil daripada ketaatan dan ibadah yang berterusan Seorang suf melakukan ketaatan dan ibadah yang berterusan akan menerima anugerah spiritual seperti rasa khawf, tawaddu`, ikhlas, taqwa, shukr dan mutma’innah di dalam dirinya. Seorang suf memperolehinya tanpa disadarinya bahwa anugerah tersebut sudah melekat pada dirinya.

1. Ahwal dalam Khawf (Takut)
Khawf dalam tasawuf bermaksud hadirnya perasaan takut ke dalam diri seorang salik (orang yang menuju Tuhan) kerana dihantui oleh perasaan dosa dan ancaman yang akan menimpanya. Seorang yang berada dalam khawf akan merasa lebih takut kepada dirinya sendiri sama sebagaimana ketakutannya kepada musuhnya. Saat khawf menghampirinya ia merasa tenteram dan tenang kerana kondisi hatinya yang semakin dekat dengan Tuhan. Perasaan khawf akan menghalangnya melarikan diri daripada Tuhannya. Dia juga merasa takut terhadap ancaman dan hukuman Tuhannya, oleh itu dia akan sentiasa memenuhi masanya dengan berzikir dan berdoa agar terlindung daripada azabNya. Zikir dan doanya yang khusus disebabkan rasa ketakutan tersebut akan menjaga dan menjadikannya tenteram. Allah berfrman yang bermaksud. “Mereka kembali kepada Tuhan mereka dengan penuh rasa takut (khawf) dan harap.” Seorang yang memiliki perasaan khawf kepada Tuhan akan menghilangkan perasaan khawf terhadap perkara-perkara lainnya. Dia takut kepada Tuhannya, bukan demi dirinya sendiri melainkan merasa takzimnya kepada Tuhan. Apabila khawf menetap dalam hati seseorang, maka objek nafsu habis terhakis dan keinginan terhadap dunia akan terusir. Khawf akan mengendali hatinya menuju Tuhannya yang satu. Pada saat kondisi hati berada dalam khawf kepada Allah, dia akan mendekati keagungan dan kemuliaanNya. Takut merupakan tempat persinggahan yang amat penting dan paling bermanfaat bagi hati. Hati akan menjadi tenang, tenteram dan damai. Dalam ketakutan seseorang suf melakukan pelbagai ketaatan kerana khuatir amalannya tidak diterima Tuhannya. Allah berfrman yang bermaksud. “Sesungguhnya orang-orang yang berhati-hati kerana takut akan (azab) Rabb mereka, dan orang-orang yang beriman terhadap ayat-ayat Rabb mereka, dan orang-orang yang mempersekutukan dengan Rabb mereka (sesuatu apa pun) dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan dengan hati yang takut (kerana mereka tahu bahawa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Rabb mereka, mereka itu bersegera untuk mendapatkan kebaikan-kebaikan dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya.”

2. Ahwal dalam Tawaddu` (Kerendahan Hati)
Tawaddu` adalah perasaan yang selalu muncul dalam diri seorang suf hasil daripada penghampirannya dengan Allah. Ia merasa senang dan tenteram bersama Tuhan di samping ia menjadi tegar dalam menghadapi perkara buruk yang menimpanya dan dia pula tidak pernah pasrah. Namun ia menggunakan kesenangan dan ketenteraman perasaannya sebagai penggerak dalam tindakannya. Seorang suf tersebut akan meninggalkan sifat bongkak dan sombong untuk memastikan hatinya bersih dari sifat-sifat tercela. Allah berfrman yang bermaksud. “Hamba-hamba Yang Maha Pengasih, dialah orang-orang yang berjalan di muka bumi dengan tenang (tidak sombong) jika mereka dicela oleh orang-orang yang (jahil) mereka berkata selamat.” Nabi s.a.w. mengingatkan bahawa: “Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepada-ku, agar kalian rendah hati, hingga seseorang tidak membanggakan diri terhadap yang lain dan seseorang tidak berbuat aniaya terhadap yang lain.” , “Tidak akan masuk syurga orang yang dalam hatinya ada kesombongan meskipun seberat zarah. Tawaddu` sebenarnya adalah kerendahan hati seorang hamba (ketundukan) terhadap kebenaran dan kekuasaanNya.
Tawaddu` juga merupakan kepasrahan kepada kebenaran dengan mematuhi bahawa tawaddu` itu adalah merendahkan sayap terhadap semua makhluk dan bersikap lembut kepada mereka. Merendahkan sayap tersebut bermaksud meninggalkan kesombongan untuk mewujudkan persamaan di mana tidak ada perbezaan antara seseorang manusia dengan lainnya; kecuali dengan ketakwaan. Sikap tawaddu` yang terbenam dalam hati seorang Muslim adalah suatu usaha untuk menghindari sifat tamak (haloba), bongkak dan sombong. Syaikh al-Islam ‘Abdullah al-Ansari mengatakan tawaddu` mempunyai tiga tahap yaitu:
1. Tawaddu` kepada agama, yaitu tidak menentangnya dengan pemikiran dan penukilan, tidak menolak dalil agama dan tidak berfkir untuk menyangkalnya; meredhai seorang Muslim sebagai saudara sesama hamba Allah.
2. Meridhai dirinya, tidak menolak kebenaran sekalipun datang daripada musuh dan menerima permohonan maaf daripada orang yang meminta maaf; tunduk kepada kebenaran (Allah) dengan melepaskan pendapat
3. Kebiasaan dalam mengabdi tidak melihat hak dalam mu’amalah. Seorang suf menyifatkan tawaddu` dengan merendahkan hati, menjalankan perintah dan menjauhi laranganNya di mana semua aktivitinya itu diwarnai dengan nilai kebenaran serta menolak sifat-sifat yang mengotorinya dan meninggalkan kesombongan diri.

3. Ahwal dalam Taqwa (Pemeliharaan Diri)
Taqwa adalah satu sifat yang dinisbahkan kepada orang yang patuh, taat dan sabar terhadap perintah Allah serta memelihara dirinya daripada tergelincir ke dalam perkara-perkara yang buruk. Taqwa dalam pengertian umum dapat dikatakan: “Memelihara diri dan tetap menjaganya dengan melaksanakan ketaatan dan amal soleh”. Taqwa merupakan ketua bagi seluruh kebaikan dan hakikatnya adalah seseorang melindungi dirinya daripada hukuman Tuhan dengan ketundukan kepadaNya. Taqwa adalah usaha penjagaan daripada tergelincir ke dalam syirik, dosa dan kejahatan, serta hal-hal yang shubhat (diragui tentang halal dan haramnya). Al-Maraghi mendefinisikan taqwa dengan menjaga diri daripada hukuman dan kemurkaan Allah dengan cara tidak melakukan maksiat kepadaNya.
Dalam tasawuf taqwa merupakan kondisi batin yang terpelihara dan berada dalam penjagaan dan pemeliharaan diri dengan sebab ketaatan dan kesolehan seseorang kepada Tuhannya. Pemeliharaan diri daripada nilai negatif melahirkan suatu kondisi "Batiniyyah latifah Rabbaniyyah" yaitu suatu keadaan psikologi yang lembut yang berisi nilai ketuhanan yang kukuh sehingga ia memperoleh ketenangan dan kebahagiaan. Ketakwaan pada hakikatnya adalah pengendalian diri dan emosinya daripada menurut kecenderungan hawa nafsunya. Seseorang yang memiliki taqwa, akan sentiasa berlaku benar, adil, amanah dan mempunyai hubungan yang baik dengan lingkungannya. Ketakwaan bukanlah kondisi batin yang hadir secara tiba-tiba, tetapi lebih daripada anugerah, taufq dan hidayah daripada Allah kepada hambaNya yang taat dan beramal soleh.

4. Ahwal dalam Ikhlas (Ketulusan)
Ikhlas merupakan hal yang sangat prinsip dalam ibadat. Ikhlas adalah tindakan dan perbuatan murni yang tidak dicampuri oleh perkara-perkara lain. Secara etimologi, ikhlas sering diertikan dengan kemurnian yang tidak dicampuri hal yang menjadi tujuan. Dalam ajaran suf keikhlasan adalah suatu yang diperlukan untuk mendekatkan diri kepada Allah sama ada dari sudut niat mahupun tindakan. Seorang suf membersihkan amal perbuatannya daripada ‘ujub, riya’, hubb al-dunya, hasad, takabbur dan sebagainya dengan mengerjakan amal soleh semata-mata kerana Allah maka dia disebut sebagai seorang mukhlis (beramal dengan penuh keikhlasan) dan perbuatannya itu adalah ikhlas. Jadi ikhlas merupakan sesuatu hal yang bersifat batiniyah dan teruji kemurniannya dengan amalan soleh. Ia merupakan perasaan halus yang tidak dapat diketahui oleh sesiapapun. Amal perbuatan adalah bentuk-bentuk lahiriyah yang boleh dilihat sedangkan roh amal perbuatan itu adalah rahsia iaitu keikhlasan. Allah berfrman yang bermaksud. “Kepada Engkau sahaja, kami menyembah dan kepada Engkau sahaja kami memohon pertolongan.” Keikhlasan, apabila ditinjau dalam bentuk realiti amalan, maka ia dapat dibahagi kepada tiga peringkat, yaitu: tidak melihat amalan sebagai amalan semata-mata yaitu :
1. Tidak mencari balasan daripada amalan dan tidak puas terhadap amalan; malu terhadap amalan di samping sentiasa berusaha sekuat tenaga
2. Menjaga amalan dengan sentiasa dan tetap menjaga kesaksian serta memelihara cahaya taufiq yang dipancarkan oleh Allah SWT; memurnikan amalan dengan melakukan amalan berasaskan ilmu
3. Tunduk kepada kehendak Allah. Keikhlasan bukanlah hal yang statik yang sekali wujud akan sentiasa bertahan selamanya di dalam diri manusia. Ia adalah suatu yang dinamis yang sentiasa menuntut kesungguhan pemeliharaan dan peningkatan. Keikhlasan menjadi langkah bagi manusia untuk menumbuhkembangkan potensi sedia ada yang akan memberi kesan kepada amalan dan teruji dalam kualiti mahupun kuantiti.

5. Ahwal dalam Shukr
ckan anugerah dan kurnia kepada orang-orang yang bersyukur tetapi sedikit sekali di antara manusia (hamba-hamba Tuhan) yang bersyukur kepadaNya.17Menjadi seorang al-Shakir dan bersifat dengan sifat Tuhan terasa agak berat tanpa kapasiti dan muatan iman dan tauhid. Munculnya sifat shukr dalam diri manusia merupakan kesan daripada kesedaran manusia terhadap rahmat dan kurnia yang diterimanya daripada Allah SWT. Hadirnya sifat ini ke dalam diri akan kelihatan positif terhadap kewujudan integriti diri dengan Allah dan lingkungannya. Mereka ini akan selalu berada dalam ketaatan dan kesolehan yang padu. ‘Abdullah al-Ansari menyebut tiga peringkat shukr iaitu: mensyukuri hal-hal yang disukai. Ini merupakan :
1. Shukr yang boleh dilakukan oleh umat Islam, Yahudi dan Majusi. Kekuasaan merupakan rahmat Allah yang wajib disyukuri dan boleh dianggap sebahagian daripada shukr, menjanjikan tambahan dan memberikan pahala
2. Shukr kerana mendapatkan sesuatu yang dibenci. Ini boleh dilakukan oleh mereka yang tidak terpengaruh oleh pelbagai keadaan dan hal ehwal dunia dengan tetap memperlihatkan keredhaan, menahan marah, tidak mengeluh, memperlihatkan adab yang baik. Orang yang bersyukur seperti inilah yang pertama kali dipanggil masuk syurga;hamba yang tidak mempersaksikan kecuali Pemberi Nikmat. Jika dia mempersaksikanNya kerana ‘ubudiyyah, maka dia menganggap nikmat daripadaNya itu amat agung. Jika dia memperhatikan dan menyaksikanNya kerana cinta maka kesusahannya akan terasa manis. Jika dia mempersaksikanNya kerana mengEsakanNya, maka dia tidak mempersaksikan apa yang datang daripadaNya sebagai nikmat atau kesusahan.



6. Ahwal dalam Mutma’innah (Ketenangan)
Mutma’innah atau tama’ninah merupakan satu kesan terhadap batin di mana a berada dalam tenteram kerana selalu dekat dengan Tuhan. Allah berfrman yang bermaksud: “Iaitu orang-orang yang beriman dan tenteram hatinya dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahawa dengan mengingat Allah itu, tenteramlah segala hati.” “Hai nafsu (jiwa yang tenang (suci). Kembalilah kepada Tuhanmu dengan (hati) rida dan diredhai (Tuhan). Maka masuklah kamu dalam golongan hamba-hambaKu. Dan masuklah kamu ke dalam syurgaKu.” Sebenarnya mutma’innah seiring dengan hilangnya kecemasan, ketegangan dan kegelisahan dalam hati. Hati yang mutma’innah dianugerahkan dengan rasa aman sehingga ia tidak merasa diburu oleh kehidupan kebendaan (material) yang mempengaruhi perkembangan jiwa positifnya. Dalam tasawuf mutma’innah dinisbahkan kepada al-ahwal iaitu kondisi psikologi yang tenteram dengan mengingati Allah (dhikr ila Allah), mengerjakan amal soleh dan bertaqarrub (mendekatkan) kepadaNya. Menurut ‘Abdullah al-Ansari, mutma’innah dapat dibahagi kepada beberapa bahagian yaitu:
1. Mutma’innah hati kerana menyebut asma’ Allah. Ini merupakan mutma’innah orang yang takut (khawf) beralih kepada harapan daripada kegelisahan kepada hukum dan daripada cubaan kepada pahala;
2. Mutma’innah iaitu ketika mencapai tujuan pengungkapan hakikat, saat merindukan janji dan saat berpisah untuk berkumpul kembali;
3. Mutma’innah kerana menyaksikan kasih sayang Allah, mutma’innah kebersamaan menuju baqa’ dan mutma’innah kedudukan menuju cahaya azali.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Kajian tentang al-maqamat dan al-ahwal dalam sufsme bukanlah kajian baru, malah ia merupakan kajian klasikal Islam yang lebih spesifk dalam hal spiritual Islam. Seorang suf apabila mencapai suatu maqam ianya merasakan kenikmatan-kenikmatan dengan dekatnya diri kepada Yang Maha Kuasa. Ia bahkan boleh merasakan nikmatnya bertemu dalam berkontemplasi dan berkhalwat dengan Tuhannya. Bagi seorang suf yang berkontemplasi, ia merasakan bahawa itu adalah usaha gigih seseorang salik dalam menemui Tuhannya. Bagi seseorang suf, al-maqamat dan al-ahwal adalah usaha bertaqarrub kepada Maha Pencipta. Daripada al-maqamat dan al-ahwal inilah lahir pancaran sinar dan pencerahan hati seorang suf menjadi seorang insan yang selalu berta`abbud kepada Allah. Usaha-usaha inilah juga yang menjadikan seorang suf mencapai tazkiyyah al-nafs.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB*

MOHAMMAD AHSANUDDIN**

PENDAHULUAN

Menyitir bunyi suatu hadits "didiklah anakmu sesuai dengan zamannya". Pernyataan tersebut secara implisit mengandung makna dan mengisyaratkan bahwa kita hidup dalam ruang dan waktu yang senantiasa berubah. Selanjutnya perubahan tersebut menuntut sikap adaptasi terhadap kondisi yang terjadi, apapun peran dan posisi yang sedang dihadapi (Kholidah, 2002:1).

Demikian halnya menjadi seorang pendidik, sebagai orang profesional dituntut untuk mampu mewujudkan diri atas tuntutan prekembangan global yang sedang dan akan terjadi. Dalam era global tidak sama dengan masa lalu, yang menantang masing-masing individu dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang berbeda. Juga akan menantang berbagai tatanan dan lembaga dengan sistem yang berbeda dengan masa sekarang.

Globalisasi yang terjadi dalam setiap aspek kehidupan berlangsung dengan cepat terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Perubahan dalam satu bidang akan menimbulkan perubahan dalam bidang yang lain. Perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi akan menimbulkan perubahan dalam bidang-bidang seperti: ekonomi, budaya, sosial, termasuk juga pendidikan, yang tentunya berpengaruh pada para pendidik sebagai "pemeran utama" dalam pendidikan. Diantara perkembangan iptek tersebut adalah teknologi informasi (information technology, IT).
Dimana saja anda membaca, saat ini, sulit untuk menghindari dari informasi atau tulisan tentang IT dan Internet. Hal ini tidak saja terjadi di negara Amerika, akan tetapi di Indonesia juga. Surat kabar dan majalah dipenuhi dengan cerita sukes dan gagal dari individu atau perusahaan yang merangkul IT.

PEMANFAATAN IT DALAM PBA
Internet
Penggunaan internet dan web tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang positip terhadap kegiatan akademik mahasiswa tapi juga bagi dosen. Internet dan web dapat memberi kemungkinan bagi dosen untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata kuliah yang menjadi bidang kempuannya. Melalui penggunaan internet dan web, dosen akan selalu siap mengajarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir kepada mahasiswa. Hal ini tentu saja menuntut kemampuan dosen itu sendiri untuk selalu giat mengakses website dalam bidang yang menjadi keahliannya. Hal ini sejalan dengan definisi Pannen (2003) mengenai media dan teknologi pembelajaran di perguruan tinggi dalam arti luas yang mencakup perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan sumberdaya manusia (humanware) yang dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.

Penggunaan Internet untuk keperluan pendidikan yang semakin meluas terutama di negara-negara maju, merupakan fakta yang menunjukkan bahwa dengan media ini memang dimungkinkan diselenggarakannya proses belajar mengajar yang lebih efektif. Hal itu terjadi karena dengan sifat dan karakteristik Internet yang cukup khas, sehingga diharapkan bisa digunakan sebagai media pembelajaran sebagaimana media lain telah dipergunakan sebelumnya seperti radio, televisi, CD-ROM Interkatif dan lain-lain.

Melalui internet, pembelajar dapat mengadakan kontak langsung dengan penutur asli, berpartisipasi dalam suatu forum diskusi, dan sebagainya. Interaksi antara dosen dan mahasiswa, misalnya penugasan dan pengerjaan tugas pun dapat dilakukan melalui internet. Disamping itu juga pemanfaatan program power-point digunakan untuk mengembangkan keterampilan wicara siswa/mahasiswa. Dalam hal ini, siswa/mahasiswa diberi tugas untuk menguraikan topik tertentu yang diminati selama beberapa menit dengan dukungan power-point (Egbert dkk, 2002:7).

Situs-situs yang berhubungan dengan bahasa Arab dan pendidikan Islam banyak disajikan di internet, baik yang menyajikan tentang tauhid, tasawuf, sejarah Islam, akidah-akhlak, dan bidang-bidang lainnya. Juga di internet sangat membantu penguasaan kemahiran berbahasa Arab. Karena situs-situs tersebut menyajikan berbagai data dan informasi masa lalu, terkini dan akan datang mengenai dunia Arab, dunia antar bangsa dan berbagai bidang-bidang kajian bahasa Arab dan Islam.

Situs-situs untuk bidang keislaman antara lain www.pesantren-online.com, atau www.google.com dengan mengetik apa yang diingnkan. Sedangkan situs-situs utama Arab adalah seperti www.arabic.com, www.raddadi.com, www.arabia.com, www.alsaha.com, www.senbad.net dan lain sebagainya. Kalau dilihat dari situs www.raddadi.com sebagai contoh, maka terlihat berbagai macam bidang yang ada dalam situs tersebut. Antara lain bidang-bidang yang diberikan adalah sebagai berikut: situs kesehatan, situs Islam, situs media massa, situs kerjaan, situs pekerjaan, situs sastra, situs komputer dan lain sebagainya.

CD Interaktif
Satu lagi perkembangan yang begitu pesat dan semakin modern makin mempermudah bagi seorang pendidik untuk memanfaatkan berbagai macam media yang ada, diantaranya adalah CD (compact disk) interaktif.
VCD juga merupakan media pengajaran bahasa yang cukup efektif digunakan. Alat ini mirip dengan tip rekorder hanya lebih lengkap. Tip rekorder hanya didengar, sementara VCD didengar dan dilihat. Saat ini telah banyak program-program pengajaran bahasa Arab yang dikemas dalam bentuk CD, namun untuk mengoperasikannya tidak cukup dengan VCD tetapi dengan komputer yang dilengkapi dengan multimedia. Dalam konteks pengajaran ALA, telah banyak program pengajaran ALA yang dikemas dalam bentuk CD, misalnya: Alif-Ba-Ta, Al-Qamus al-mushowwar li As-Shigar, Bustan Ar-Raudloh, Juha 1-2, Jism al-Insan, Hadiqah al-Arqam, Masrahiyah al-Huruf al-Arabiyah, Ta'lim al-Lughah al-Arabiyah, 'Alam al-Tajarub li as-Sigar, Jazirah al-Barka:n, dan Mausuah al-Musabaqah wa al-Algha:z serta masih banyak lagi (Kholisin, 2002).

Satelit/Parabola
Satelit juga memberi kemudahan bagi para pendidik dalam mengajarkan bahasa Arab yakni dalam pengayaan kosa kata dan pengenalan budaya. Dengan piringan parabola, motor penggerak dan Digital Satellite Receiver, kita dapat menikmati siaran TV Arab, yaitu Saudi Arabia, Mesir, Yaman, Palestina, Abi Dhabi secara langsung. Satelit ini lebih banyak dimanfaatkan untuk keterampilan menyimak (maharatul istima’).

Arabic E-learning
Istilah e-learning mengandung pengertian yang sangat luas, sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi e-learning dari berbagai sudut pandang. Salah satu definisi yang cukup dapat diterima banyak pihak misalnya dari Darin E. Hartley [Hartley, 2001] yang menyatakan:
e-Learning merupakan suatu jenis abelajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannyabahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.
LearnFrame.Com dalam Glossary of e-Learning Terms [Glossary, 2001] menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa:
e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.
Matthew Comerchero dalam E-Learning Concepts and Techniques [Bloomsburg, 2006] mendefinisikan:
E-learning adalah sarana pendidikan yang mencakup motivasi diri sendiri, komunikasi, efisiensi, dan teknologi. Karena ada keterbatasan dalam interaksi sosial, siswa harus menjaga diri mereka tetap termotivasi. E-learning efisien karena mengeliminasi jarak dan arus pulang-pergi. Jarak dieliminasi karena isi dari e-learning didesain dengan media yang dapat diakses dari terminal komputer yang memiliki peralatan yang sesuai dan sarana teknologi lainnya yang dapat mengakses jaringan atau Internet.


Dari definisi-definisi yang muncul dapat kita simpulkan bahwa sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat disebut sebagai suatu e-Learning (Wahono, 2005:1).
Sekarang ini, keberadaan e-learning semakin banyak bak jamur dimusim hujan, terutama disitus perguruan tinggi. Seperti UI, UGM, UM, UPI, UNHAS, dan masih banyak lagi.

Tips bagi Guru dalam Memanfaatkan IT untuk Pembelajaran

* Mempelajari materi pelajaran yang dikemas di dalam media TIK
* Merencanakan waktu pemanfaatan media TIK
* Mengkomunikasikan rencana pemanfaatan media TIK kepada peserta didik
* Mengkomunikasikan rencana pemanfaatan media TIK kepada pengelola fasilitas TIK sekolah (Siahaan, 2008).


PENUTUP
Dari penulisan di atas, penulis dapat membuat kesimpulan bahwa pembelajaran bahasa Arab dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi melalui penggunaan situs-situs di internet, CD interaktif, satelit dengan piringan parabola dan e-learning. Penulis juga menyarankan agar para pendidik mempelajari perkembangan teknologi tersebut sehingga dapat dijadikan media yang efektif sebagai alat bantu dalam PBA. Wallahu A’lam bi Al-Showab. ?

DAFTAR RUJUKAN
Ahsanuddin, Mohammad. 2004. Pemanfaatan CD Interaktif Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak (ALA). Makalah.
Ahsanuddin, Mohammad. 2005. Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Dalam: Al-Arabi, III (I): 1-13.
Kholidah, Lilik Nur. 2001. Dampak Globalisasi Terhadap Tugas Dan Tanggungjawab Kependidikan. Makalah.
Siahaan, Sudirman. 2008. Tips bagi Guru dalam Memanfaatkan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran. (on-line), (www.e-dukasi.net diakses 21 Oktober 2008)

Minggu, 06 Juni 2010

ABSTRAK

Facebook mulai digunakan oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Selain dampak positif dari penggunaan Facebook, ada banyak dampak negatif dari penggunaannya, terutama jika berlebihan.
Penggunaan fasilitas Facebook cara praktis dan instan untuk mendapatkan jaringan pertemanan melalui dunia maya, sehingga tidak terikat oleh perbedaan jarak, ruang, dan waktu.
Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah metode yang mengacu pada situs-situs yang relevan dengan masalah dampak penggunaan Facebook.
Kata Kunci: Facebook

BAB I
PENDAHULUAN

Facebook atau Buku Muka adalah salah satu situs jaringan sosial dengan beberapa fasilitas yang memungkinkan seseorang dapat menjalin pertemanan dan berkomunikasi secara aktif dengan orang atau badan organisasi, tanpa dibatasi dengan jarak, ruang, dan waktu.
A. Latar Belakang
Penggunaan internet bukanlah suatu hal yang istimewa atau khusus untuk kalangan tertentu, baik dari segi profesi, kalangan masyarakat, pendidikan dan usia. Hampir semua golongan masyarakat sudah tahu dan akrab dengan internet.
Seiring dengan perkembangan waktu dan modernisasi, internet menjadi sebuah kebutuhan dan aktifitas tetap manusia sebagai anggota masyarakat. Selain menjadi tuntutan profesi, pengembangan ilmu pengetahuan, berita, dan hiburan, berinternet juga menjadi cara alternatif seseorang untuk bergaul sebagai makhluk sosial.
Hanya dengan bermodal sebuah komputer dengan sambungan kabel LAN atau bandwich, seseorang dapat mengakses internet dengan mudah dan bebas selama 24 jam setiap harinya (non-stop) di sebagian besar penjuru dunia ini.
Kehadiran internet memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan data yang belum tentu bisa ditemukan secara langsung dalam media cetak yang bisa dijumpai sehari-hari. Terutama karena halangan cara dan biaya yang tidak sedikit.
Di Indonesia, dapat ditemukan warung internet (warnet) yang berebaran di sepanjang pinggiran jalan. Selain itu, banyak tempat-tempat umum –lembaga pendidikan, cafe, mall, dan tempat-tempat rekreasi- yang menawarkan jasa hotspot atau wifi untuk masyarakat yang memiliki laptop dan phonebook. Di samping itu, banyak tipe ponsel yang telah dilengkapi dengan aplikasi internet.
Seiring dengan perkembangan pesat itu, banyak situs dan aplikasi pertemanan, promosi, milis, dan aplikasi-aplikasi lain. Di antaranya adalah GoogleTalk, AIM, Yahoo, Multiply, Live Messanger, mIRC, My Space, Friendster, dan Facebook.
Sejak tahun 2007, Facebook mengalami peningkatan penggunaan di Indonesia. Hingga sekarang, Indonesia menjadi salah satu negara dengan masyarakat pengguna Facebook yang besar.
Penggunaan Facebook ternyata memberi banyak dampak positif dan negatif, terutama jika digunakan secara berlebihan.
B. Perumusan Masalah
Rumusan masalah dari makalah ini adalah apa yang menyebabkan dampak negatif dan apa saja yang menjadi dampak negatif tersebut.
C. Tujuan Penulisan
Makalah ini dibuat dengan tujuan menganalisis penyebab dampak negatif dan apa saja dampak negatifnya, sehingga masyarakat –terutama dalam hal ini mahasiswa- dapat menghindari hal yang merugikan.
D. Metode Analisis
Metode yang digunakan dalam membuat makalah ini adalah metode yang mengacu pada situs-situs yang relevan terhadap topik yang sedang dibahas.
E. Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri dari tiga bab. Bab I yang merupakan pendahuluan berisikan latar belakang, perumusan masalah, tujuan penulisan, metode analisis, dan sistematika penulisan. Pada bab II berisi pembahasan masalah sesuai dengan topik apabila dilihat dari berbagai aspek atau sudut pandang. Pada bab III atau bab penutup berisikan kesimpulan dan saran dari masalah tersebut.
BAB II
DAMPAK PENYALAHGUNAAN FACEBOOK
Penggunaan situs jaringan pertemanan tidak hanya menimbulkan pengaruh dan dampak secara langsung pada orang yang sedang menggunakan fasilitas ini, tetapi juga secara tidak langsung pada orang lain dan lingkungan.
Sama dengan hal lainnya, penggunaan Facebook tidak akan menimbulkan dampak yang buruk jika digunakan sebagaimana mestinya, normal, dan tidak berlebihan. Namun, jika terlalu sering menggunakan fasilitas ini, dikhawatirkan akan terjadi ketergantungan yang tidak sehat, serta penyalahgunaan fasilitas yang tidak benar.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diketahui tentang situs jaringan pertemanan Facebook.
1. Sejarah Facebook
Facebook adalah sebuah situs jaringan sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tanggal 4 Februari 2004.
Pada awalnya, Facebook dengan situs www.facebook.com yang sebelumnya bernama thefacebook dengan situs www.thefacebook.com digunakan untuk komunikasi antar mahasiswa Universitas Harvard. Namun setelah beberapa waktu, target pengguna adalah seluruh mahasiswa dan masyarakat umum.
2. Faktor-faktor yang menyebabkan Facebook digemari oleh masyarakat
Situs pertemanan Facebook memungkinkan seseorang untuk menemukan teman lama, menemukan teman baru, menjalin pertemanan, bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain, mengirimkan pesan dan komentar.
Selain fasilitas-fasilitas utama yang disebutkan, masih sangat banyak fasilitas-fasilitas yang ditawarkan situs itu, baik secara formal atau non-formal, independen atau dependen.
Kini jumlah facebooker Indonesia jauh melebihi pengguna di Singapura dan Malaysia. Padahal Facebook hingga pertengahan 2007 nyaris tak dilirik pengguna Internet di sini. Tapi, memasuki pertengahan tahun lalu, jumlah akses ke situs ini melonjak tajam dan menempatkannya sebagai situs ranking kelima yang paling banyak diakses di Indonesia. Bahkan Indonesia tercatat dalam sepuluh besar negara pemakai situs yang mulai dibuka untuk umum pada 2006 ini, yaitu 150 juta orang–sekitar 700 ribu orang berasal dari Indonesia.
Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
Berikut ini adalah grafik pengkatan jumlah pengguna Facebook mulai dari didirikan pada tahun 2004 sampai tahun 2007.
3. Pengaruh Facebook
Beberapa pengaruh penggunaan dan penyalahgunaan Facebook di kalangan anank muda adalah :
1. Kurangnya waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas
2. Kurangnya waktu untuk bersosialisasi dan berinteraksi secara langsung dengan orang lain dan lingkungan
3. Membuat lupa waktu sehingga pola hidup tidak teratur
4. Masyarakat terbiasa melalukan hal-hal dengan praktis, sehingga tidak termotivasi untuk melakukan hal-hal yang sulit
5. Pola finansial yang terkesan membuang-buang uang.
4. Contoh – contoh penyalahgunaan Facebook
1. Penyebaran foto-foto yang tidak sopan
1. perceraian
Karena dapat berteman dan berkomunikasi secara bebas, situs pertemanan seperti Facebook dapat menimbulkan kecemburuan dan perselingkuhan.
1. Menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk membedakan hal nyata dan tidak nyata, yaitu gejala penyakit neurotik skizofrenia
2. Membuat seseorang menjadi ingin tahu urusan orang lain
3. Beredar banyak kata-kata kasar
4. Pamer
5. Sering dijadikan ajang untuk membicarakan narkoba dan seks.
Dari sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan asal University of Washington, terungkap kalau 54 persen remaja yang tergabung di Facebook dan Myspace, sering membicarakan hal yang sensitif seperti narkoba dan seks di forum ini.
8. Menyebabkan gejala kenarsisan.
Para peneliti mengatakan bahwa jumlah pesan dan postingan di halaman 130 pengguna Facebook sangat berkorelasi dengan seberapa narsisnya mereka. Pimpinan studi Laura Buffardi Ph.D, mengatakan bahwa ini setara dengan seberapa narsisnya mereka di dunia nyata. Orang yang narsis di Facebook bisa ditandai dengan tampilan yang glamour pada foto diri utama mereka.
Di studi terdulu, ilmuwan menemukan bahwa halaman personal Web sangat popular di kalangan kaum narsis, namun bukan berarti semua pengguna Facebook adalah narsis. Ditemukan, bahwa orang narsis bisa jadi terlihat sangat menarik, tapi mereka biasanya merasa lebih hebat dari rang lain. Mereka suka melukai orang lain di sekitarnya.
5. Cara Pandang Penggunaan Facebook
Sama dengan situs-situs pertemanan di dunia maya lainnya, Facebook hadir di tengah-tengah masyarakat luas pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya adalah untuk memudahkan pertemanan, komunikasi, dan melebarkan jaringan/koneksi, dan memudahkan masyarakat satu dengan yang lain dalam pemenuhan kebutuhan sebagia makhluk sosial yang saling bergantung.
Kita harus bisa berpikir tepat dan logis, kita harus bisa menempatkan dan menerima fungsi fasilitas komunikasi sesuai dengan proporsinya masing – masing.
Kinerja dan dampak positif dari penggunaan Facebook dan aplikasi dan situs pertemanan lainnya akan sangat terasa jika kita bisa menggunakannya dan tetap tunduk pada undang-undang internet (cyberlaw), memakai sesuai dengan fungsi yang proporsional.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Dari penjelasan yang telah dijelaskan pada Bab II, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat sangat banyak dampak dari penyalahgunaan dan penyimpangan pemakaian situs pertemanan Facebook, baik secara sengaja atau tidak sengaja.
B. Saran
Sebagai anggota masyarakat dan pengguna situs-situs pertemanan, Facebook atau situs lainnya, alangkah baiknya jika kita dapat menggunakannya secara tidak berlebihan dan melihat fungsi utama Facebook sebagai pelengkap pertemanan dan pergaulan primer di dunia nyata, sehingga kita tidak lebih sibuk mengurusi dan menghabiskan waktu yang seharusnya kita gunakan untuk bersosilisasi dan berkomunikasi secara langsung dengan orang yang ada di sekitar kita, bukan dengan orang yang baru saja akan kita temui di dunia maya.
Selain itu, kita juga harus menjaga norma-norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat dan negara, sehingga kita dapat mempertanggungjawabkan setiap perilaku dan sikap kita di dunia maya.
Karena dengan penggunaan Facebook dan situs jaringan pertemanan lainnya dengan baik, benar dan bertanggung jawab, kita dapat menggunakan fasilitas-fasilitas umum itu dengan nyaman, tidak mengganggu kepentingan orang lain,dan aman.





DAFTAR PUSTAKA

Margianto, Heru. “ I Love Facebook, Epidemi Skizofrenia” dalam www.kompas.com (12-11-2008)
Magdalena, Merry. “Profil Facebook=Tingkat Kenarsisan Anda” dalam www.netsains.com (27-9-2008)
Kristo, Fino Yurio, “Plot Pembunuhan Presiden Bolivia Terungkap di Facebook” dalam www.detikinet.com (29-1-2009)
Wiguna, Oktamandjaya. “Mabuk Kepayang Facebook” dalam www.tempointeraktif.com (9-2-2009)